Beranda Berita Olimpiade Al-Qur’an Tingkat Nasional Diikuti oleh 19 Provinsi di Indonesia

Olimpiade Al-Qur’an Tingkat Nasional Diikuti oleh 19 Provinsi di Indonesia

129
0

pptialfalahsalatiga.com – SMP RUQ Al Falah Salatiga kembali adakan olimpiade Al-qur’an tingkat nasional yang kedua kalinya, 4-5 januari 2023. Bertempat di aula utama PPTI Al Falah, peserta Olimpiade Al-Qur’an ini adalah siswa siswi SD/MI/MADIN sederajat se Indonesia.

Perbedaan yang cukup signifikan terlihat dalam pelaksanaan Olimpiade Al Qur’an tahun ini dan tahun lalu. Yakni jika tahun lalu perlombaan sepenuhnya terlaksana secara online, tahun ini terdapat dua metode, yaitu online dan offline. Sebanyak 344 peserta antusias mengikuti Olimpiade Al Qur’an 2 ini. Ratusan peserta tersebut berasal dari 131 SD/MI/MADIN sederajat, 53 kota/kabupaten, serta 19 provinsi di Indonesia. 19 provinsi tersebut meliputi Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi, dan lain-lain.

“Jumlah peserta sangat melebihi ekspektasi sehingga memberikan tantangan tersendiri untuk panitia, apalagi lomba diadakan secara online dan offline, ” ujar Faiz selaku panitia.

Pada olimpiade Al-Qur’an kali ini ada 7 cabang perlombaan baik online maupun offline. Cabang lomba tartil qur’an, tahfidz juz 30, tahfidz juz 1, pildacil serta pidato bahasa inggris terlaksana secara online maupun offline. Sisanya untuk cabang CCQ (Cerdas Cermat Qur’an) dan kaligrafi peserta hanya dapat mengikutinya secara offline. Olimpiade ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda akan pentingnya membaca, memahami, menghafal, serta mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Para pemenang nantinya akan mendapat hadiah dengan total mencapai 30 juta rupiah. Tidak hanya uang tunai, pemenang juga akan mendapatkan trofi dan sertifikat kejuaraan. Selain itu, mereka juga akan mendapat beasiswa pendidikan di SMP RUQ Al Falah Salatiga. Puncak acara olimpiade al-qur’an sekaligus pengumuman juara nantinya akan dilaksanakan Minggu (5/3) dalam acara sholawat bersama Sayyid Muhammad Hadi Assegaf, cucu Habib Syekh bin Abdul Qadir Assegaf Surakarta.

Artikel sebelumyaAdab Sebelum Makan Ala Ihya’ Ulumiddin
Artikel berikutnyaAntusias, Salah Satu Peserta Difabel Ikuti Olimpiade Al-Qur’an

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here