Beranda Berita Ciptakan Aplikasi Belajar, Siswa SMP RUQ Raih Penghargaan Lomba Internasional

Ciptakan Aplikasi Belajar, Siswa SMP RUQ Raih Penghargaan Lomba Internasional

2130
0

Siswa SMP RUQ Al Falah Salatiga kembali menorehkan prestasi setelah berhasil merebut medali perak dan special award dalam kompetisi “International Young Moslem Inventor Award (IYMIA)”. Kompetisi tersebut digelar oleh International Young Scientist Association (IYSA) bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor pada 19-23 Januari 2023.

Bersaing dengan ratusan peserta lainnya, siswa SMP RUQ Al-Falah Salatiga berhasil membuktikan diri mampu membuat dewan juri terkesan dengan Aplikasi Game Pembelajaran Tajwid ramah anak yang mereka ciptakan.

Sabet Medali Perak dan Special Award dengan Metode FASIHA

lima delegasi siswa SMP RUQ Al Falah Salatiga yang dikirim mengikuti kompetisi internasional tersebut berhasil merebut medali perak usai mempresentasikan penemuan mereka yang bernama Aplikasi Game Belajar FASIHA : Learning Tajwid Through Fun Educational Board Game Using Augmented Reality.

Aplikasi game pembelajaran tajwid ini menarik bagi dewan juri karena sistem yang digunakan dalam pembelajarannya ramah dan mudah dipahami bagi peserta didik. Dengan metode ini pembelajaran tajwid Al-quran akan dipadukan dengan beberapa permainan yang siswa sukai sehingga mempermudah peserta didik untuk mengingat materi pembelajaran.

Selain karena aplikasi game pembelajaran ini menarik. dewan juri juga mengungkapkan penelitian tentang metode pembelajaran yang fokus untuk membenarkan pelafalan tatacara membaca Alquran bagi peserta didik masih jarang ditemukan, sehingga Metode Belajar FASIHA mendapat poin lebih dimata para dewan juri.

“Dari pihak penyelenggara dan dewan juri sangat mengapresiasi aplikasi game belajar tajwid Fasiha yang dibuat oleh siswa SMP RUQ Al Falah Salatiga ini, alasannya karena sampai saat ini penelitian yang berusaha untuk membenarkan pelafalan pembacaan Alquran masih jarang ditemukan” ungkap Yasin Al Amin sebagai pendamping tim Fasiha

Bukan hanya mendapatkan medali perak saja, dengan pengembangan aplikasi game belajar tajwid Fasiha yang dinilai sangat inovatif dan kreatif oleh dewan juri, delegasi dari SMP RUQ Al Falah Salatiga juga mendapatkan special awards dari Malaysia Innovation, Invention and Creativity Association (MIICA) sebagai penghargaan atas hasil temuan mereka.

Pembekalan Kurikulum Bahasa Asing kepada Peserta Didik

SMP RUQ Al-Falah merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kota Salatiga yang mempunyai visi misi untuk mencetak generasi ahli Quran yang mampu mengikuti perkembangan zaman melalui program unggulannya yaitu Tahfidzul Quran, Pendalaman Kajian Pesantren, Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serta Bahasa Asing.

Pembekalan dan pembalajaran kurikulum bahasa asing yang diberikan kepada peserta didik menjadi salah satu faktor pendukung berbagai prestasi yang didapatkan oleh para siswanya, salah satunya adalah kompetisi International Young Moslem Inventor Award (IYMIA) ini.

Walaupun menggunakan bahasa Inggris dalam pelaksanaannya, siswa yang menjadi delegasi perlombaan ini tidak mendapatkan kesulitan dalam berkomunikasi selama rangkaian perlombaan berlangsung. Mereka mampu memahami apa yang dibicarakan oleh dewan juri dan dengan sigap menjawab pertanyaan yang diberikan.

“Para peserta didik sudah dilatih dengan baik selama masih di lingkungan sekolah baik itu terkait penggunaan dan percakapan bahasa Inggris maupun mental mental siswa saat menunjukan karya mereka” ungkap Gunawan Laksono Aji selaku Kepala Sekolah SMP RUQ Al Falah Salatiga.

Pihak pengelola Sekolah SMP RUQ Al Falah Salatiga Sendiri berharap dengan kesuksesan dalam kompetisi internasional ini dapat lebih memotivasi para peserta didik untuk lebih mengembangkan karya mereka sehingga akan terlahir prestasi yang lainnya.

Artikel sebelumyaTingkatkan Skill Bahasa Inggris dengan Program English Enrichment Program Bersama CELL dari Pare, Kediri
Artikel berikutnyaOlimpiade Al-Quran #2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here