Beranda Berita Maksimalkan Pendidikan Karakter, SMP RUQ Al-Falah Salatiga Kunjungi Desa Wisata Tingkir Lor

Maksimalkan Pendidikan Karakter, SMP RUQ Al-Falah Salatiga Kunjungi Desa Wisata Tingkir Lor

120
0

SMPRUQALFALAH, – Sebagai implementasi pembelajaran kurikulum merdeka belajar yang dicanangkan pemerintah, SMP RUQ Al-Falah Salatiga melakukan outing class menuju desa wisata Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir Salatiga, Jawa Tengah Kamis (15/12/2022).

Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai langkah pendukung dalam menanamkan pendidikan karakter bagi peserta didik, kegiatan outing class ini menyasar tiga tempat yaitu Makam Kiai Abdul Wahid, Joglo Kesenian Gamelan dan Pabrik Coklat Tempe.

Kegiatan yang diikuti oleh 55 siswa ini di awali dengan ziarah bersama ke Makam Kiai Abdul Wahid yang berlokasi di Tingkir Lor. Simbah Abdul Wahid merupakan kakek buyut dari Presiden Indonesia ke-4 yaitu K.H Abdurahman Wahid .

Dari Kiai Abdul Wahid ini terlahir para ulama yang berjasa dan berkontribusi besar dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia, Kiai Abdul Wahid menurunkan Kiai Asyari, KH Hasyim Asyari, KH Abdul Wahid Hasyim dan selanjutnya KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Dalam kegiatan ziarah ini para pengelola SMP RUQ Al-Falah ingin memberikan edukasi kepada peserta didik bahwa para ulama dan tokoh agama di Indonesia sangat mencintai dan berjuang untuk kemajuan Indonesia. Harapannya setelah ziarah ini para peserta didik dapat menumbuhkan rasa nasionalisme serta mampu meneruskan perjuangan para ulama tanah air untuk memajukan Indonesia.

Pengenalan Budaya Bangsa di Joglo Kesenian Gamelan

Kegiatan siswa SMP RUQ Al-Falah dilanjutkan dengan agenda kunjungan di Joglo kesenian Gamelan di di Tingkir Lor. Dalam kunjungan ini para siswa dikenalkan dengan jenis-jenis alat musik tradisional khususnya gamelan.

Melihat antusiasme dari para siswa dengan aneka bentuk jenis gamelan yang dipamerkan, pihak pengelola joglo kesenian gamelan memutuskan mengajak sebagian peserta outing class untuk belajar bersama memainkan sebuah lagu tradisional suwe ora jamu.

Kepala sekolah SMP RUQ Al-Falah Salatiga, Gunawan Laksono Aji menuturkan bahwa tujuan dari kunjungan di Joglo Kesenian Gamelan ini adalah agar budaya indonesia dapat dikenal oleh para siswa SMP RUQ Al-Falah Salatiga.

Selain itu harapannya setelah kunjungan di Joglo Kesenian Gamelan ini para siswa SMP RUQ Al- Falah mampu melestarikan alat musik tradisional di tengah gempuran musik modern, agar anak jaman sekarang tidak melupakan sejarah dan budayanya sendiri.

“Disini pihak pengelola ingin mengenalkan tentang budaya Indonesia yang perlu dilestarikan dan perlu dipertahankan dibalik gempuran alat-alat musik modern. jadi kita memberikan edukasi bahwa permainan alat musik tradisional juga sangat menyenangkan” ucap Gunawan.

Belajar Berinovasi di Pabrik Coklat Tempe

Selain menanamkan cinta kebudayaan dan nasionalisme, kegiatan outing class SMP RUQ Al-Falah kali ini juga bertujuan untuk membangkitkan jiwa inovasi para peserta didik.

Untuk mendukung program tersebut, setelah kunjungan dari Joglo Kesenian Gamelan, para siswa SMP RUQ Al-Falah diajak berkunjung di pabrik coklat tempe yang berada di Kradenan, Tingkir Lor, Kecamatan. Tingkir.

Di Pabrik coklat tempe ini para peserta didik belajar bersama tentang kreativitas inovasi terbaru dengan menggunakan bahan sederhana yang dikolaborasikan dengan sesuatu yang modern.

Artikel sebelumyaSMP RUQ Al Falah Sambut PAS dengan Mujahadah Bersama
Artikel berikutnyaGobak Sodor, Permainan Tradisional yang Meriahkan Class Meeting SMP RUQ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here